Prinsip dasar dari desain lapis tambahan pada struktur perkerasan lentur menurut metoda
Analisa Komponen adalah bahwa di akhir masa layannya Struktur perkerasan perlu diperkuat
dengan memperbesar nilai ITP sehingga mampu memikul perkiraan beban lalu-lintas
tambahan yang diinginkan.
Nilai ITP yang dimaksud diperoleh dari sisa nilai ITP struktur perkerasan lama ditambah
dengan nilai ITP tambahan dari lapis tambahan yang diberikan.
Dengan demikian, ada 2 langkah yang perlu dilakukan dalam proses perencanaan lapis
tambahan, yaitu:
- Menentukan nilai kondisi struktur perkerasan lama untuk mendapatkan nilai ITP sisa.
- Menghitung tebal lapis tambahan berdasarkan nilai ITP tambahan yang diperlukan, yang
dihitung sesuai dengan perkiraan beban lalu-lintas yang akan datang setelah dikurangi
dengan nilai ITP sisa.
Penentuan ITP sisa dilakukan secara subyektif. Nilai ITP sisa struktur perkerasan lama
dapat dihitung dengan menggunakan rumus :
Ki = Nilai Kondisi Lapisan, yang dinilai secara subyektif.
Ketebalan perkerasan yang ada ditentukan dengan test pit pada lokasi pengamatan.
Tebal lapisan tambahan dihitung berdasarkan rumus :
dimana:
∆ ITP = Indek Tebal Perkerasan yang diperhitungkan.
ITPp = ITP perlu.
ITPs = ITP sisa = ITP perkerasan jalan lama (existing pavement).
Do = Tebal lapis tambahan.
ao = Koefisien kekuatan relatif bahan
ITP perlu dihitung berdasarkan beban lalu-lintas untuk masa layan berikutnya.
Perhitungan ITP
ini sama dengan layaknya menghitung ITP untuk pembangunan perkerasan baru. Pada
perhitungan ini perlu juga diperhitungkan kondisi tanah dasar, faktor regional, indeks
perkerasan awal dan akhir, dan sebagainya untuk kondisi masa layan berikutnya.
Nilai ITPsisa dapat bernilai nol yang artinya tidak memiliki sisa sama sekali. Penambahan
lapis tambahan dengan kondisi ini tidak disarankan karena tebal lapis permukaan tambahan
yang diberikan akan sangat tebal sehingga kurang ekonomis. Untuk itu jika tidak ada ITPsisa
maka disarankan untuk melakukan perencanaan ulang dan jika perlu dengan pembangunan
konstruksi baru. Alternatif lain adalah dengan membagi jenis lapisan sehingga persamaan
ITP dapat diubah menjadi :
∆ ITP = ITPp - ITPs = a1.D1 + a2.D2
Tabel Nilai Kondisi Perkerasan Jalan
BAGAN ALIR PERENCANAAN PERKERASAN CARA ANALISA KOMPONEN
(UNTUK PELAPISAN TAMBAHAN)
Komentar
Posting Komentar