Perkembangan AI di Teknik Sipil

Contoh Perhitungan Konstruksi Bertahap

 


Contoh Perhitungan Konstruksi Bertahap:
  • Jalan 2 Lajur 2 arah akan dibuka pada tahun 2025
  • CBR tanah dasar 3,4 %
  • Pertumbuhan lalu lintas (i) = 5% dan 7,5% setelah jalan tersebut dibuka
  • Parameter FR = 1, IPo = 3,9 ; IPt = 2,0
  • Umur Rencana 5 + 15 tahun
  • Bahan Lapis Keras yang akan digunakan adalah:
    • LPB pasir batu (sirtu)
    • LPA Batu Pecah
    • Lapis permukaan mengunakan Asbuton
  • Data LHR pada tahun 2020
    • Kendaraan ringan 2 ton = 1000 kendaraan
    • Bus 8 Ton = 300 Kendaraan
    • Truck 2 as 12 ton = 50 Kendaraan
Jawab:

1. Perhitungan dan Analisis lalu lintas
    a. Tahun-tahun yang terkait dengan pembukaan jalan
    • 2020 : Pelaksanaan survei
    • 2025 : Pembukaan Jalan
    • 2030 : Akhir umur Rencana tahap I
    • 2045 : Akhir umur rencana tahap II
    b.  Perkiraan LHR 2025 Awal Pembukaan Jalan (Setelah selesai Konstruksi) i = 5 %
          LHR 2025 = LHR2020 (1+i)n            

    • Kend. Ringan 2 Ton : 1000 (1+0,05)5 = 1276,3 Kendaraan
    • Bus 8 Ton                 : 300 (1+0,05)5  = 382,9 Kendaraan
    • Truck 2 as 13 Ton     : 50 (1+0,05)5  = 63,6 Kendaraan
    c. Perkiran LHR  2030 Umur Rencana Tahap I (i = 7,5 %)
          LHR 2030 = LHR2025 (1+0,075)5            

    • Kend. Ringan 2 Ton : 1276,3 (1+0,075)5 = 1832,3 Kendaraan
    • Bus 8 Ton                 : 382,9 (1+0,075)5  = 549,7 Kendaraan
    • Truck 2 as 13 Ton     : 63,6 (1+0,075)5  = 91,6 Kendaraan
    d. Perkiran LHR 2045 Umur Rencana Tahap II (i = 7,5 %)
          LHR 2045 = LHR2025 (1+0,075)20            

    • Kend. Ringan 2 Ton : 1276,3 (1+0,075)20 = 5421,4 Kendaraan
    • Bus 8 Ton                 : 382,9 (1+0,075)20  = 1626,4 Kendaraan
    • Truck 2 as 13 Ton     : 63,6 (1+0,075)20  = 271,1 Kendaraan
    e. Nilai koefisien distribusi lajur rencana Ci
    • Nilai Ci 0,5 untuk semua jenis kendaraan
         f. Nilai ekivalen (E) untuk masing-masing Jenis Kendaraan
    • Kend. Ringan 2 Ton (1ton + 1ton): 0,0002 + 0,0002 = 0,0004
    • Bus 8 Ton               (3ton + 5ton) : 0,0183 + 0,1410  = 0,1593
    • Truck 2 as 13 Ton   (5ton + 8ton)  : 0,1410 + 0,9238 = 1,0548
        g. Nilai LEP (2025)
    • LEP = LHR 2025 x C x E
    • Kend. Ringan 2 Ton : 1276,3 x 0,5 x 0,0004 = 0,256
    • Bus 8 Ton                 : 382,9 x 0,5 x 0,1593 = 30,497
    • Truck 2 as 13 Ton     : 63,6 x 0,5 x 1,0548  = 33,656
                • LEP = 64,407
        h. LEA untuk Tahun ke 5 (2030)  
    • LEA = LHR 2030 x C x E
    • Kend. Ringan 2 Ton : 1832,3 x 0,5 x 0,0004 = 0,366
    • Bus 8 Ton                 : 549,7 x 0,5 x 0,1593 = 43,782
    • Truck 2 as 13 Ton     : 91,6 x 0,5 x 1,0548  = 48,317
              • LEA 2030= 92,465
        i. LEA untuk Tahun ke 20 (2045)  
    • LEA = LHR 2030 x C x E
    • Kend. Ringan 2 Ton : 5421,5 x 0,5 x 0,0004 = 1,084
    • Bus 8 Ton                 : 1626,4 x 0,5 x 0,1593 = 129,545
    • Truck 2 as 13 Ton     : 271,1 x 0,5 x 1,0548  = 142,964
              • LEA 2030= 273,594
        j. LET 
    • LET 5 = 1/2 (LEP + LEA 5) = 1/2 (64,407+92,465) = 78,4
    • LET 15 = 1/2 (LEA 5 + LEA 20) = 1/2 (92,465+273,594) = 183,1
        k . LER
    • LER 5 = LET 5 x UR/10 = 78,4 x 5/10 = 39,2             --> 1,6 LER 5 = 62,7
    • LER 15 = LET 15 x UR/10 = 183,1 x 15/10 = 274,5   --> 2,5 LER 15 = 686,4
2. Nilai CBR Tanah 3,4% sehingga nilai DDT 4


3. Mencari Nilai ITP' sesuai Parameter FR = 1, IPo = 3,9 ; IPt = 2,0 (Nomogram 4)


4. Mencari Tebal Perkerasan Jalan Tahap I Umur Rencana 5 Tahun (2030)

  • ITP' = a1.D1 + a2.D2 + a3.D3
  • 6,9 = 0,35. D1 + 0,14.20 + 0,12.10
  • D1 = 8,2  ≈ 9 cm
5. Mencari Tebal Perkerasan Jalan Tahap II Umur Rencana 15 Tahun (2045)

  • ITP' = a1.D1 + a2.D2 + a3.D3
  • 10 = 0,35. D1 + 0,14.20 + 0,12.10
  • D1 = 16,8  ≈ 17 cm
    • Jadi D1 untuk Tahap ke II = (17-9) = 8 cm

6. Susunan Perkerasan

  • Asbuton = 9 + 8 cm
  • Batu Pecah = 20 cm
  • Sirtu = 10 cm






Komentar